Saturday, April 13, 2013

Batu-Gunting-Kertas, a Story

Batu-Kertas-Gunting - klik gambar ke sumber
 Siapa yang nggak tau batu-gunting-kertas? Permainan ini terkenal banget, mau di sini (Palu), di kampung gw di Jawa (Kebumen), mau dimana aja pasti pada tau mainan satu ini. Tapi tergantung juga sih, anak-anak jaman sekarang lebih tau Angry Bird daripada ginian mungkin. Gw kemaren jalan-jalan di internet, gw nemu sebuah cerita tentang "batu-kertas-gunting" ini.
Tapi sebelumnya,
Apa Sih Batu-Gunting-Kertas?

Batu-gunting-kertas itu permainan dua orang, yang make hand gestures untuk melambangkan tiga elemen, gunting, batu, ama kertas. Kalo di tempat gw dulu (Kebumen), yang ginian dinamain "Suit Jepang", karena katanya kalo suit Indonesia tuh yang pake kelingking (semut), telunjuk (manusia) ama jempol (gajah). Gw nggak tau itu bener apa salah, soalnya di China juga make kelingking, telunjuk ama jempol.

Menurut dari apa yang gw baca (tepatnya disini ("‾▽‾)-σ WIKIPEDIA) yang katanya mainan ginian udah ada sejak Dinasti Han di China, atau bahkan lebih. Tapi pertama kali ditemukan di buku Wuzazu (五杂组), yang nulis si Xie Zhaozhi (谢肇淛) di era Dinasti Ming. Di buku ntuh, mainan ini disebutnya shoushiling (手势令) ato menurut translate tuh "perintah/sinyal/kode tangan". Nah, tapi ada lagi di bukunya si Li Rihua (李日华), judulnya Note of Liuyanzhai (六砚斋笔记), yang menyebut mainan suit ini shoushiling (手势令), huozhitou (豁指头), dan huoquan (豁拳).

Sistemnya sama kayak suit modern (ato malah suit jaman sekarang sama kek yang dulu), dimana kalo A ngalahin B, B ngalahin C trus C ngalahin A, Jadi kek macem siklus gitu dah. Di China tempoe doeloe itu pake tiga jari, jempol ngelambangin katak, ngalahin kelingking yang ngelambangin keong/bekicot/siput (tapi ada yang bilang Centipede), yang ngalahin telunjuk yang ngelambangin ular, nah ularnya/telunjuknya ngalahin jempol si katak, muter terus gitu ampe kiamat.

Nah, seiring perluasan budaya, nih mainan katak-bekicot-ular di impor nih ke Jepang, trus dinamain mushi-ken, yang masih pake sistem dan simbol tangan katak-bekicot-ular. Di Jaman Edo ke Meiji, yang kalo nggak salah tuh akhir-akhir abad 19, muncul noh yang namanya jan-ken yang pake batu-gunting-kertas. Jan-ken inilah yang dipake sampe sekarang, dan itu alesannya di tempat gw (Kebumen) disebutnya suit Jepang. Nggak tau deh kalo di Palu ini sama ato kagak.

Ngelogika Dikit
Sebenernya gw rada nggak habis pikir, dan logika gw mungkin nggak sampe, kenapa simbol-simbol yang nyatanya di kehidupan nyata tuh nggak cocok.

Sekarang gw minta waktu elo pada mikirin ini sejenak. Di China itu pake katak-bekicot-ular. Kalo ular makan katak, it's ok, emang di kenyataan begitu. Tapi katak makan bekicot? Keknya kagak semua deh, malah mungkin nggak. Yang gw nggak habis pikir ntuh bekicot, bisa ngalahin ular. bekicot ngalahin ular.
Ular Siput - klik gambar ke wikipedia

BEKICOT NGALAHIN ULAR
(sengaja gw ulang biar greget)

Dari mananya coba? Yang ada ular makan siput, kalo nggak percaya nih!
Itu namanya ular siput (Pareas carinatus) yang mangsa utamanya ya SIPUT! KEONG! BEKICOT!
Trus kenapa bisa bekicot ngalahin ular coba?! Ancient Chinese! Explain THAT!! Щ(ºДºщ)





F*ck Logic, This is a Game! - klik gambar ke sumber
Terus Jan-ken juga, oke batu bisa bikin gunting rusak bin tumpul bin apalah elo sebutnya (tapi liat-liat juga, gunting taman yang segede gaban juga bisa bikin batu remek), trus gunting ngegunting kertas (ya iyalah dodol (" `з´ )_,/"(>_<' )), tapi kenapa kertas bisa ngalahin batu? KERTAS NGALAHIN BATU? GIMANA CARANYA?? Yang ada kertas malah robek-robek nggak jelas (batu : me gusta *like a boss*).

Jadi secara logika elo bakal Invincible kalo elo pada pake ular/batu. Iya nggak? Konyol kalo gw bilang mah. #SWTtingkatdewa

a Sad Story
Tapi dari hasil jalan-jalan gw kemaren, gw dapet suatu cerita, yang berasal dari kecacatan sistem gunting-kertas-batu ntuh. Btw bukan cerita, cuman gambar, tapi a picture is worth a thousand words.

Murder and Revenge - klik gambar ke sumber


Judulnya Rock-Paper-Scissor, Murder and Revenge

Dari apa yang gw pahami, ceritanya itu tentang sepasang kawan, batu sama kertas (karena kertas nggak bisa ngelukain batu).

Tapi suatu hari, kertas dibunuh (baca : dikalahin, digunting-gunting, dicacah, terserah elo mau sebut apaan) sama si gunting.

Dan batu, kehilangan sahabatnya, membalas dendam ke gunting.

Kertas disini mungkin ngewakilin mereka-mereka yang lemah. Mungkin. Atau mungkin mereka-mereka yang baik (karena kertas nggak bisa ngelukain batu sama gunting). Mungkin. Mungkin elo bertanya kenapa gw pake mungkin rada banyak, itu soalnya gw mau kasih penekanan kalo sebenernya ada orang-orang yang *uhukmunafikuhuk*.

Dari cerita ini gw menangkap dua sisi, positif dan negatif, just in case. Dari segi positifnya mungkin tuh ngajarin kita solidaritas, ikatan yang kuat. Tapi bisa juga, orang salah ngartiin dan jadi suka ngebales dendam ke orang-orang, itu negatifnya.

Tapi itu juga merupakan cerminan hidup manusia sekarang terutama di Indonesia, senggol dikit bacok. Liat temennya dibacok, bales dendam ngebacok. Nggak terima bales lagi bacok. Gitu mulu sampe kiamat.

Personally, gw pengen jadi kertas, tapi itu terlalu absurd karena gw mungkin malah bisa ngejerumusin orang-orang di sekitar gw. Seperti kata pepatah, "Sebab nila setitik, rusak susu sebelanga", gimana caranya supaya susu sebelanga itu nggak rusak? Jauhin dari nila. Dan gw merasa kalo gw itu "nila" diantara orang-orang disekitar gw.

Btw KENAPA INI GW MALAH CURHAT
ヽ( ・∀・)ノ┌┛Σ(ノ `Д´)ノ

Udah ah, nggak mood nerusin gw. Capek pula. Segini aja dulu postingan kali ini, besok-besok gw posting lagi kalo ada ide. *cheers*

Location : Palu, Sulawesi Tengah, Indonesia
Writing and editing time : 286minutes

No comments:

Post a Comment